SERBA SERI MALARIA

Malaria adalah penyakit yang menakutkan sejak dahulu kala. Meskipun di negara berkembang sudah  hampir dimusnahkan , tetapi malaria terus mengancap kehidupan manusia di belahan dunia lainnya. Hampir setengah populasi dunia hidup di negara-negara penyakit ini masih dianggap endemik. Anak-anak yang terkena dampak terburuk, khususnya anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Di bagian dunia lainnya malaria merupakan penyakit endemik, dapat menyebabkan sebanyak 10% dari semua kematian pada anak.

Pada tahun 1950, Organisasi Kesehatan Dunia meluncurkan rencana ambisius untuk mengendalikan atau membasmi malaria. Setelah kesuksesan awal, rencananya kandas; malaria sekarang kembali ke daerah yang pernah dikuasai, dan memasuki daerah baru. Karena resistensi plasmodial dan nyamuk terhadap obat dan insektisida, bahaya malaria telah memburuk, dan penyakit ini sekarang menjadi masalah global utama.
Epidemiologi
  • Kurang lebih 1300 kasus malaria yang didiagnosis setiap tahun di Amerika Serikat, kebanyakan dari mereka diperoleh di luar negeri. Hanya sekitar 1% pasien mendapatkan infeksi di Amerika Serikat, dengan lebih dari setengah dari kasus diperoleh di Afrika.
  • Biasanya, kurang dari 10 kematian akibat malaria dilaporkan di Amerika Serikat setiap tahunnya. Malaria merupakan masalah kesehatan utama di Afrika, Asia, Amerika Tengah, Oceania, dan Amerika Selatan. Sekitar 40% dari populasi dunia tinggal di daerah di mana malaria adalah umum
  • Sekitar 300-500 juta kasus malaria terjadi setiap tahun. Dan 1-2 juta kematian terjadi, kebanyakan dari mereka pada anak-anak muda. Orang-orang dari semua ras yang terpengaruh oleh malaria, dengan beberapa pengecualian.
  • Orang-orang asal Afrika Barat yang tidak memiliki golongan darah Duffy tidak rentan terhadap malaria vivax P. Anak-anak dari segala usia yang tinggal di daerah nonmalarious sama-sama rentan terhadap malaria.
  • Di daerah endemik, anak-anak muda dari usia 5 tahun telah mengulangi dan sering serius serangan malaria. Yang selamat mengembangkan kekebalan parsial. Dengan demikian, anak-anak dan orang dewasa sering memiliki parasitemia tanpa gejala (yaitu, kehadiran plasmodia dalam aliran darah tanpa manifestasi klinis malaria). Sebagian besar kematian akibat malaria terjadi pada anak-anak muda dari usia 5 tahun
Siklus hidup Plasmodium malaria :
  1. Fase seksual eksogen (sporogoni) dalam tubuh nyamuk.
  2. Fase aseksual (skizogoni) dalam tubuh hospes perantara/manusia : daur dalam darah (skozogoni eritrosit) dan daur dalam sel parenkim hati/stadium jaringan (skizogoni ekso-eritrosit).
Patofisiologi
Melalui gigitan nyamuk Anopheles, sporozoit masuk aliran darah selama 1/2-1 jam menuju hati untuk berkembang biak. Selanjutnya berpuluh-puluh ribu merozoit masuk ke dalam darah dan masuk ke dalam eritrosit untuk berkembang biak menjadi tropozoit. Skizon eritrosit pecah (disebut sporulasi), sambil membesarkan puluhan merozoit sebagian skizon masuk kembali ke eritrosit baru dan sebagian lagi membentuk mikro dan makro gametosit. Gametosit akan terisap oleh nyamuk Anopheles saat menghisap darah penderita untuk memulai fase sporogoni.
Gejala Klinik
Gejala klinik malaria sangat bervariasi. Pada anak besar, semua gejala klinik dapat tampak, selain reaksi radang yang sistemik, juga manifestasi pada pada organ, mulai dari gejala SSP, ginjal, paru maupun gangguan faali
Gejala pada anak sering tidak khas.
Yang terpenting adalah indikasi adanya malaria berat yang oerlu rujukan dan perawatan yang lebih intensif. Tanda ini dapat dilihat pada bab tahapan diagnosis. Adapun tanda dan gejala yang dapat terjadi adalah:
  • Demam, pola tergantung jenis plasmodium
  • Berkeringat setelah panas turun
  • Penurunan kesadaran
  • Hepatomegali
  • Gangguan fungsi  ginjal
  • Pucat
Diagnosis
Anamnesis : Pasien berasal dari daerah endemis malaria, atau riwayat bepergian ke daerah endemis malaria.
  • Demam tinggi (intermiten) disertai menggigil, berkeringat, dan nyeri kepala. Serangan demam dapat terus-menerus terjadi pada infeksi campuran (> 1 jenis Plasmodium atau oleh 1 jenis Plasmodium tetapi infeksi berulang dalam waktu berbeda).  Demam dapat sangat tinggi dari hari pertama. Suhu 40 ° C dan lebih tinggi sering diamati. Demam biasanya terus menerus atau tidak teratur. Periodisitas klasik dapat didirikan setelah beberapa hari. Demam yang tinggi, asupan mulut yang buruk, dan muntah semua berkontribusi terhadap dehidrasi.
  • Lemah, nausea, muntah, tidak ada nafsu makan, nyeri punggung, nyeri daerah perut, pucat, mialgia, dan atralgia.
Pemeriksaan fisis
  • Pada malaria ringan dijumpai anemia, muntah atau diare, ikterus, dan hepato-splenomegali. Hati mungkin sedikit membesar lunak dalam perabaan. Terdapat Splenomegali , terutama dalam serangan pertama pada anak nonimmune. Pada anak-anak dari daerah endemik, splenomegali berat kadang-kadang terjadi. Malaria yang berkepanjangan dapat menyebabkan anemia. Juga, dengan parasitemia berat dan skala besar kerusakan eritrosit, ikterus ringan dapat terjadi. Penyakit kuning ini reda dengan pengobatan malaria
  • Malaria berat adalah malaria yang disebabkan oleh P.falciparum, disertai satu atau lebih kelainan sebagai berikut :
  1. Hiperparasitemia, bila > 5% eritrosit dihinggapi parasit
  2. Malaria serebral dengan kesadaran menurun (Blantyre coma score < 3)
  3. Anemia berat, kadar hemoglobin 50 mmol/l
  4. Hipoglikemia, kadang-kadang akibat terapi kuinin
  5. Gagal ginjal, kadar kreatinin serum > 3 g/dl dan diuresis < 400 ml/24jam
  6. Hiperpireksia
  7. Edem paru
  8. Syok, hipotensi, gangguan asam basa
Pemeriksaan Penunjang
  • Hapusan darah tepi
    ·        Tebal : ada tidaknya Plasmodium
    ·        Tipis : identifikasi spesies Plasmodium/tingkat parasitemia
    ·        Pemeriksan  kepadatan parasit ditentukan secara
  • Semi-kuantitatif : jumlah  parasit per 100 LPB
  • Kuantitatif dengan menghitung jumlah parasit per 200 lekosit (pada tetes tebal) atau per 1000 eritrosit  pada sediaan tipis.
    ·        Pemeriksaan dilakukan tiap 6 jam sampai 3 hari berturut-turut.
    ·        Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan adalah HRP-2 (histidine rich protein 2) atau enzim parasite lactate dehydorgenase (p-LDH).
  • Pemeriksaan Serologis
Pemeriksaan serologi memberikan konfirmasi malaria masa lalu pada pasien dan sangat berharga untuk studi epidemiologi. Tes ini juga berguna untuk skrining darah donor dan mendiagnosa malaria hiperaktif splenomegali. Di antara tes yang digunakan adalah
  • Indirect fluorescent antibody test (IFAT)
  • Indirect hemagglutination antibody (IHA) tes
  • Enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA)
  • Immuno-chromatographic test (ICT) for filariasis
Semua tes ini menghasilkan hasil positif beberapa hari setelah parasit malaria muncul dalam darah dan tidak membantu dalam diagnosis infeksi akut untuk tujuan pengobatan.
Dipstick tes berdasarkan deteksi dari P falciparum histidin yang kaya protein-2 (PfHRP-2) antigen spesifik untuk infeksi P falciparum dan tidak mendeteksi 3 spesies lain. Dipstick tes berdasarkan deteksi dehidrogenase laktat parasit sekarang tersedia; tes ini dapat mendeteksi P falciparum dan P vivax. Tes ini mempunyai sensitivitas dan spesifitas yang tinggi, tidak memerlukan peralatan khusus atau pelatihan, dan menghasilkan hasil yang cepat. Mereka menawarkan keuntungan di mana penyakit ini jarang dan preparat keahlian pemeriksaan tidak tersedia. Namun, mereka tetap positif selama seminggu atau lebih setelah pengobatan dan penyembuhan dan, dalam situasi ini, dapat menghasilkan hasil positif palsu. Asam deoksiribonukleat (DNA) dan ribonucleic acid (RNA) probe dan polymerase chain reaction (PCR) tes memiliki sensitivitas dan spesifisitas yang baik tetapi memerlukan peralatan mahal canggih.
Pendekatan Diagnosis
  • Demonstrasi dari parasit dalam olesan darah pasti menetapkan kehadiran malaria. Temuan negatif pada pemeriksaan tidak mengesampingkan malaria. Hanya 50% anak dengan malaria memiliki temuan BTA positif, bahkan pada pemeriksaan berulang.
  • Parasitemia tanpa gejala umum pada anak-anak dari daerah endemik yang memiliki kekebalan parsial terhadap penyakit.
  • Pap positif untuk parasit malaria tidak selalu mengkonfirmasi diagnosis malaria pada anak-anak. Pap positif seharusnya tidak menghentikan upaya diagnostik pada sakit demam.
  • Pungsi lumbal diindikasikan untuk menyingkirkan meningitis pada malaria serebral dan kejang demam malaria.
  • P falciparum malaria parah sering dikaitkan dengan hipoglikemia. Menurunkan kadar glukosa darah dikaitkan dengan tingkat kematian lebih tinggi.
Pemeriksaan Darah Smear
  • Kedua film tebal dan tipis sangat penting. Jika parasitemia adalah cahaya, pemeriksaan film tipis mungkin kehilangan diagnosis. Film tebal menghemat waktu dalam diagnosis infeksi hanya sedikit tetapi membuat identifikasi spesies parasit sulit. Setidaknya 100-200 bidang film tebal harus diteliti sebelum slide dilaporkan sebagai negatif untuk malaria.
  • Dalam kasus diragukan, pemeriksaan dapat diulang setelah 4 jam.Memperoleh film darah tebal dan tipis di samping tempat tidur adalah penting.
  • Film-film ini mungkin harus dilakukan berulang kali untuk diagnosis. Daun telinga atau jari tusukan digunakan untuk anak-anak yang lebih tua, ibu-jari kaki yang digunakan pada bayi.Ambil setetes besar darah pada salah satu ujung slide bersih, tersebar merata, dan udara kering. Penurunan yang lebih kecil harus tersebar tipis sehingga akhir smear tidak mencapai akhir slide. Pewarnaan Giemsa cocok untuk mengidentifikasi parasit malaria pada film-film ini.
  • Berbagai teknik untuk meningkatkan nilai diagnostik pemeriksaan apusan darah tepi sedang digunakan. Pewarnaan fluoresen dan mikroskop, sentrifugasi, selektif teknik pemisahan magnetik, dan teknik lainnya telah digunakan tetapi hanya memiliki efek moderat.
Histologis
  • Munculnya parasit bervariasi dalam film tebal dan tipis. Film tebal tidak tetap hanya menunjukkan leukosit dan parasit; eritrosit dihancurkan dalam proses pewarnaan. Parasit sendiri juga diubah.
  • Trophozoites muda muncul sebagai cincin tidak lengkap atau bercak biru sitoplasma dengan inti merah diskrit. Dalam trophozoites matang, sitoplasma dapat terpecah-pecah, dan berbagai karakteristik spesies yang berbeda sering tidak jelas.
  • Gametosit dan schizonts biasanya mempertahankan penampilan karakteristik mereka. Pemeriksaan film tipis sangat penting untuk identifikasi akurat spesies plasmodial, yang memiliki pengaruh penting pada pengobatan.
Komplikasi
  • Komplikasi pada P. falciparum dapat terjadi : malaria serebral, black water fever (Hb-uria masif), malaria algida (syok), malaria biliosa (gangguan fungsi hati). Anemia berat (Hb < 5gr%), Edema paru atau ARDS, Hipoglikemia, Perdarahan spontan, kejang, asidemia
  • Komplikasi pada P. malariae dapat terjadi penyulit sindrom nefrotik
  • Komplikasi lain malaria adalah sebagai berikut: Edema paru, Hiperpireksia, Kolaps sirkulasi (malaria dingin) dan Penyakit kuning
  • Malaria serebral, disebabkan oleh P falciparum, memiliki tingkat kematian 25%, bahkan dengan pengobatan yang terbaik. Sebagian besar kematian akibat malaria adalah karena komplikasi, penyakit akut yang paling sering diamati pada anak usia 6 bulan sampai 3 tahun.
  • Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat dengan obat yang P falciparum sangat penting untuk menyelamatkan nyawa anak. Korban mungkin memiliki gejala sisa (misalnya hemiparesis, ataksia serebelar, afasia, kelenturan).
  • P falciparum menyebabkan penyerapan eritrosit di microvasculature otak (dan organ lainnya). Kejang dan koma yang umum pada anak dengan malaria, dan keadaan postictal berkepanjangan harus meningkatkan kecurigaan dari entitas ini berbahaya. Bahkan tanpa malaria serebral, berkepanjangan, kejang yang sering pada anak dapat menyebabkan sujud dan kematian.
  • Seorang anak nonimmune dengan parasitemia yang berat kadang-kadang berkembang perdarahan umum. Pendarahan seperti ini biasanya karena koagulasi intravaskular diseminata dan kadang-kadang dikaitkan dengan infeksi bakteri.Beberapa derajat hemolisis merupakan bagian dari malaria, namun beberapa anak mengalami hemolisis berlebihan, menempatkan mereka pada risiko gagal ginjal. Hemolisis ini mungkin berhubungan dengan glukosa-6-fosfatase dehidrogenase (G-6-PD) kekurangan atau kerusakan antibodi-mediated eritrosit.Anemia sangat umum di malaria yang dianggap hampir bagian dari penyakit. Beberapa anak mengalami anemia jauh melebihi yang diakibatkan oleh kerusakan eritrosit oleh parasit malaria. Mekanisme lain anemia adalah dyserythropoiesis, hipersplenisme, kelangsungan hidup eritrosit memendek, dan penekanan sumsum tulang. Malaria anemia bisa sangat berat, kadang-kadang menyebabkan kematian.
  • Parasit malaria mengkonsumsi glukosa dengan berlebihan. Parasitemia yang berat dapat menyebabkan hipoglikemia, yang dapat diperburuk dengan kina dan terapi quinidine. Hipoglikemia bisa sulit untuk membedakan dari malaria serebral.
  • Blackwater fever adalah suatu kondisi hemolisis dan gagal ginjal akut. Hal ini jarang diamati sekarang, menjadi lebih umum ketika kina digunakan untuk profilaksis.
Diagnosis
Diagnosis  malaria dibuat berdasarkan : Anamnesis yang mendukung, Pemeriksaan fisik dan Pemerikaan laboratorium

Diagnosis Banding

  • Dengue
  • Endocarditis, Bacterial
  • Gastroenteritis
  • Pharyngitis
  • Plague
  • Pneumococcal Bacteremia
  • Pneumonia
  • Toxic Shock Syndrome
  • Urinary Tract Infection
  • Viral Hemorrhagic Fevers
  • Malaria ringan tanpa komplikasi : demam tifoid, demam dengue, ISPA, Leptospirosis ringan dan infeksi virus akut lainnya
  • Malaria berat dengan komplikasi : radang otak (meningoencepahalitis), tifoid encefalopati, hepatitris, leptospirosis berat, sepsis dan demam berdarah dengue

Penanganan

  • Pemberian Oral parasetamol (asetaminofen) adalah aman dan efektif untuk demam dan harus digunakan dalam dosis 10 mg / kg. Dosis ini dapat diulang 3-6 kali sehari, sesuai kebutuhan. Jika anak mengalami hiperpireksia, kompresvspon hangat cepat dapat membawa suhu turun. Banyak anak dengan malaria mengalami anemia. Karena onset bertahap, anak-anak menahan rendahnya tingkat hemoglobin dengan cukup baik dan transfusi darah jarang diperlukan.
  • Terapi hematinic standar efektif. Muntah biasa terjadi pada malaria. Sebuah antiemetik seperti domperidone dapat digunakan, dan antimalaria harus dilanjutkan. Muntah akan berhenti bila malaria sudah sembuh. Jika muntah berulang-ulang telah menyebabkan dehidrasi, anak membutuhkan cairan parenteral yang sesuai untuk memperbaikinya. Glukosa yang mengandung cairan membantu untuk melawan hipoglikemia yang kadang menyertai malaria berat.
  • Indikasi rawat inap meliputi:  muntah hebat, dehidrasi,  kejang, penurunan kesadaran atau koma, berulang kejang, Kesulitan bernapas atau napas asidosis, anemia berat(menunjukkan anemia berat), Hipoglikemia (kadar glukosa darah <2,5 mmol / L, atau 3 mmol / L pada anak-anak kurang gizi), Oliguria atau anuria, menandakan penderitaan ginjal, syok, Hyperparasitemia  atau terdapat diatesis pendarahan
  • Pada anak dengan malaria, gangguan kesadaran, gangguan pernapasan, hipoglikemia, dan penyakit kuning merupakan faktor risiko untuk kematian. Anak seperti ini harus diperlakukan sebagai darurat. Di sisi lain, anak-anak dengan malaria yang sepenuhnya sadar, yang memiliki rendah untuk demam sedang, dan yang menjaga gizi dan hidrasi secara oral dapat diobati secara rawat jalan.
  • Malaria pada kehamilan. Merupakan masalah besar karena obat antimalaria banyak dianggap tidak aman selama kehamilan.
  • Malaria berat yang diketahui terkait dengan bakteremia dan dapat menjadi penyebab dari memberatnya penyakit secara mendadak.
  • Infeksi bakteri hidup bersama sulit didiagnosis secara klinis, terutama pada anak, sebagai gambaran klinis tumpang tindih sampai batas yang signifikan.
  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan ambang rendah untuk memulai pengobatan antibiotik pada anak dengan malaria berat. Spesies Salmonella yang biasa ditemui, tetapi organisme lain juga sering terisolasi;. Awal terapi empirik harus spektrum luas
  • Tidak ada pembatasan yang diperlukan dalam diet untuk pasien cukup baik untuk manajemen pasien rawat jalan. Memang, nafsu makan dan tingkat aktivitas yang sangat terjaga dengan baik untuk tingkat demam. Anjurkan asupan cairan meningkat. Anak-anak harus dibiarkan memutuskan sendiri tingkat mereka aktivitas.
  • Jika demam intermiten, banyak anak merasa sehat antara paroxysms demam dan datang ke ada salahnya melalui kegiatan. Konsultasikan seorang spesialis penyakit infeksi untuk pasien dengan malaria.
  • Berkenaan dengan pemindahan pasien, bila obat yang tepat dan pengalaman dalam mengobati malaria tidak tersedia, pasien mungkin perlu segera melakukan pemindahan ke rumah sakit rujukan
Perawatan Intensif
  • Malaria yang dapat mengancam nyawa, perawatan intensif mungkin diperlukan.
  • Indikasi untuk masuk ke unit perawatan intensif (ICU) meliputi: Dugaan malaria serebral yaitu, kejang, koma berkepanjangan postictal, kejang berulang,  Komplikasi malaria misalnya, perdarahan, gagal ginjal, edema paru
  • Penderita dari daerah nonmalarious ke ICU jika lebih dari 2% eritrosit memiliki parasit malaria. Pasien dari daerah endemik dapat mentolerir tingkat lebih tinggi, tetapi pasien harus dirawat di ICU jika lebih dari 5% eritrosit yang diparasiti.
  • Pap darah harus diulang setelah 24-48 jam untuk memastikan bahwa obat ini efektif. Hal ini terutama penting dengan P falciparum. Jika parasit tidak dihapus dalam 48 jam, perubahan dalam obat diperlukan.
  • Sebuah transfusi tukar sangat bernilai pada anak yang sangat sakit. Ini mengurangi beban parasit cepat, mengoreksi salah diatesis perdarahan, dan memperbaiki anemia.
  • Erythrocytapheresis, penggunaan teknik pemisahan sel untuk menghapus hanya eritrosit, telah digunakan dengan sukses pada orang dewasa. Ini akan menghapus parasit dan memiliki keuntungan tambahan stabilitas hemodinamik.
  • Obat radikal berarti penghancuran bentuk dorman di hati.
  • Primakuin merupakan obat hanya aktif terhadap hypnozoites dalam hepatosit.
Medikamentosa
Schizonticides darah adalah obat lini pertama untuk pengobatan malaria dan harus dimulai segera setelah diagnosis dibuat, atau bahkan dicurigai, pada penyakit berat. Mereka bertindak atas bentuk aseksual dalam eritrosit dan mengganggu serangan klinis. Keterlambatan pengobatan malaria falciparum P bisa mengarah pada pengembangan atau memburuknya malaria berat, yang memiliki prognosis yang lebih buruk dibandingkan malaria tanpa komplikasi. Klorokuin, kina, quinidine, halofantrine, dan senyawa artemisinin adalah obat reaksi cepat yang dapat menghentikan serangan malaria akut. Sementara klorokuin bertindak cepat, resistensi tersebar luas, dan riwayat perjalanan akurat harus diperoleh sebelum memilih obat antimalaria
Malaria diasebarkan berasal dari Asia atau Amerika sebagian besar P vivax dan klorokuin responsif. Malaria diperoleh di Afrika sebagian besar P falciparum dan tahan klorokuin; kina adalah obat yang efektif. P falciparum malaria terjadi di Asia Tenggara mungkin kina dan tahan mefloquine juga dianurkan kombinasi artesunat dan mefloquine, atau artesunat dan lumefantrine. Waktu yang terbuang dalam uji obat yang parasit resisten dapat menghasilkan hasil yang buruk, termasuk kematian.
P vivax dan P ovale memiliki tahap dorman (hypnozoites) di hati, dan pengobatan episode malaria harus mencakup pemberantasan ini. Perlakuan klasik adalah program 3-hari klorokuin, diikuti dengan kursus 14-hari primakuin. Sebuah kursus singkat 5 hari primakuin, dimulai dengan klorokuin, telah dijelaskan tetapi dikaitkan dengan tingkat kekambuhan lebih tinggi. Namun, ini adalah cukup untuk tindakan gametocidal, yang mencegah penyebaran malaria.Sebuah Cochrane Database of Systematic Reviews studi menyimpulkan bahwa artesunat lebih unggul kina dalam pengobatan malaria berat pada anak-anak dan orang dewasa.  Percobaan dikontrol di mana intravena (IV), intramuskular, atau artesunat dubur dibandingkan dengan IV atau intramuskular kina dalam pengobatan anak-anak dan orang dewasa dengan malaria berat.
Antimalaria Schizonticides darah adalah obat lini pertama untuk pengobatan malaria.
  • Klorokuin (Aralen) Obat ini efektif terhadap bentuk-bentuk erythrocytic dari parasit dan merupakan obat pilihan untuk P vivax, P malariae, dan P malaria ovale, melawan yang itu gametocidal juga. Hal ini tidak efektif terhadap hypnozoites. Hal ini sangat efektif terhadap strain yang sensitif dari P falciparum. Namun, resistensi P falciparum terhadap klorokuin sekarang tersebar luas di Afrika dan Asia, dan tidak harus tergantung pada malaria berat. Resistensi terhadap obat ini dalam P vivax juga telah dilaporkan, tapi perlawanan saat ini langka.Klorokuin dapat digunakan sebagai agen profilaksis supresif, dengan keuntungan dari sekali seminggu dosis. Dianjurkan untuk penggunaan seperti itu hanya di daerah di mana resistensi obat tidak umum (bagian dari Amerika Tengah, Karibia, bagian dari Timur Tengah). Ini tersedia sebagai tablet yang mengandung 300 mg dasar dan suntikan yang mengandung 40 mg basa / mL.
  • Kina (Qualaquin) Kina adalah obat darah schizonticidal dan masih merupakan obat pilihan untuk malaria berat dan rumit di sebagian besar dunia. Hal ini untuk P vivax gametocidal dan P malariae tetapi tidak untuk P falciparum. Ini tersedia sebagai tablet mengandung 260 mg dan sebagai suntikan yang mengandung 300 mg / mL. Penyebaran resistensi antara strain P falciparum terhadap obat ini membuat kina kurang dapat diandalkan di beberapa bagian Asia dan Afrika.
  • Quinidine Sebuah stereoisomer dari kina dan obat darah schizonticidal, quinidine seefektif kina terhadap schizonts darah namun memiliki toksisitas secara signifikan lebih jantung. Agen ini digunakan jika kina tidak tersedia. Ini tersedia sebagai tablet sulfat kinidina berisi 200 mg. Persiapan suntik tidak selalu tersedia.Lihat informasi obat penuhPrimakuin Primakuin adalah obat hanya digunakan secara klinis yang menghancurkan hypnozoites P vivax dan P ovale dan digunakan untuk penyembuhan radikal dari malarias kambuh. Hal ini juga gametocidal terhadap semua 4 spesies plasmodia manusia dan digunakan untuk membuat pasien tidak menular. Primakuin memiliki efek yang sangat lemah terhadap bentuk erythrocytic P vivax dan tidak dapat digunakan untuk mengakhiri serangan akut. Ini tidak memiliki aktivitas terhadap bentuk erythrocytic dari P falciparum. Obat ini dapat diberikan kepada pasien pada kemoprofilaksis setelah mereka meninggalkan area endemik. Hal ini tidak akan digunakan sampai bentuk erythrocytic telah dihancurkan oleh obat lain.Primakuin merupakan obat yang efektif dan cukup aman untuk kemoprofilaksis. Karena bekerja pada bentuk-bentuk hati, tidak perlu diambil sebelum memasuki daerah malaria atau lebih dari 3 hari setelah meninggalkannya. Ini merupakan keuntungan bagi orang-orang melakukan perjalanan mendadak atau pendek.
  • Mefloquine Mefloquine berguna untuk pengobatan resistan terhadap infeksi falciparum P. Hal ini efektif terhadap schizonts darah tetapi tidak memiliki aktivitas terhadap hypnozoites dan gametosit. Panjang paruh membuatnya cocok untuk digunakan sebagai obat profilaksis, dan itu adalah obat yang dianjurkan di daerah di mana resistensi obat yang umum (terutama Afrika dan Asia). Tidak memiliki persiapan parenteral membatasi kegunaannya mefloquine untuk malaria berat dan rumit. Obat ini tersedia sebagai tablet mengandung 250 mg.Lihat informasi obat penuhArtesunat Artesunat efektif terhadap bentuk darah semua 4 jenis parasit malaria manusia. Kegunaan khusus adalah terhadap-MDR P falciparum. Tidak memiliki tindakan terhadap schizonts hati, hypnozoites, atau gametosit. Obat ini tersedia sebagai 50-mg tablet dan injeksi IV yang mengandung 10 mg / mL. Artesunat telah ditemukan untuk menjadi obat paling cepat bertindak terhadap bentuk-bentuk darah dari parasit malaria, dan bentuk IV adalah sangat berharga dalam pengelolaan malaria berat dan rumit.Namun, resistansi terhadap obat ini menyebar, terutama di Asia Tenggara. Digunakan sendiri, artesunat dikaitkan dengan tingkat kambuhnya tinggi. Hal ini juga dikhawatirkan bahwa penggunaan solo yang akan mempercepat perkembangan resistensi parasit. Kombinasi artesunat dengan mefloquine, lumefantrine, dan obat lainnya telah ditemukan efektif melawan resistan terhadap malaria.
  • Tetrasiklin Tetrasiklin adalah antibiotik dengan tindakan terhadap schizonts darah dari semua spesies malaria. Aksinya lambat dan digunakan dalam kombinasi dengan obat lain, seperti kina, di daerah di mana tahan P falciparum adalah umum. Ini tersedia sebagai kapsul berisi 250 mg dan 500 mg.
  • Klindamisin (Cleocin) Ini adalah antibiotik yang bertindak melawan P falciparum. Klindamisin telah ditemukan sangat efektif dalam kombinasi dengan kina, bahkan terhadap malaria diperoleh di daerah di mana resistensi obat adalah umum. Digunakan dalam kombinasi, itu lebih pendek durasi demam dan meningkatkan tingkat kesembuhan. Ini merupakan obat yang penting untuk digunakan pada anak-anak, karena tetrasiklin dikontraindikasikan. Ini tersedia sebagai kapsul mengandung 75 mg, 150 mg, dan 300 mg dan sebagai butiran bahwa, setelah rekonstitusi dengan air, mengandung 75 mg / 5 mL.
  • Atovaquone dan proguanil (Malarone) Atovakuon baru-baru ini disetujui di Amerika Serikat untuk pengobatan dan profilaksis malaria. Memiliki aktivitas parasiticidal signifikan. Proguanil dan atovakuon memiliki tingkat kegagalan yang tinggi bila digunakan sendiri tetapi sangat sukses dalam kombinasi. Menggabungkan mereka juga mengurangi pemilihan mutan resisten.Malarone yang tersedia untuk penggunaan oral saja dan sehingga hanya dapat digunakan untuk malaria tanpa komplikasi, terhadap yang sangat efektif, bahkan bila digunakan untuk melawan strain resisten. Ini juga merupakan obat yang berguna untuk kemoprofilaksis. Ini tersedia dalam dewasa (250 mg dan 100 mg atovakuon hidroklorida proguanil per tablet) dan (62,5 mg atovakuon dan 25 mg per tablet hidroklorida proguanil) pediatrik formulasi.
  • Artemether dan lumefantrine (Coartem) Kombinasi ini diindikasikan untuk pengobatan akut, malaria tanpa komplikasi falciparum P, bentuk yang paling berbahaya malaria. Ini berisi rasio tetap dari 20 mg artemeter dan 120 mg lumefantrine (1:6 bagian). Kedua komponen menghambat asam nukleat dan sintesis protein. Artemether dengan cepat dimetabolisme menjadi metabolit aktif dihydroartemisinin (DHA), menghasilkan bagian endoperoxide. Lumefantrine dapat membentuk kompleks dengan hemin, yang menghambat pembentukan hematin beta. Artemether dan lumefantrine telah terbukti efektif dalam wilayah geografis di mana resistensi terhadap klorokuin telah dilaporkan.
Prosedur pengobatan:
Untuk semua spesies Plasmodium, kecuali P.falciparum yang resisten terhadap klorokuin
  • Klorokuin sulfat oral, 25 mg/kg bb terbagi dalam 3 hari yaitu 10 mg/kg bb pada hari ke-1 dan 2, serta 5 mg/kg bb pada hari ke-3.
  • Kina dihidroklorid intravena 1mg garam/kg bb/dosis dalam 10 cc/kg bb larutan dekstrosa 5% atau larutan NaCl 0,9%, diberikan per infus dalam 4 jam, diulangi tiap 8 jam dengan dosis yang sama sampai terapi oral dapat dimulai. Keseluruhan pemberian obat adalah 7 hari dengan dosis total 21 kali.
  • Lini pertama untuk P. falciparum  adalah tablet artesunat (4 mg/kgBB dosis tunggal/hari/oral, hari 1, 2, 3) + tablet amodiakuin (10 mg basa/kgBB/hari, hari 1, 2, 3) +  tablet primakuin (dosis 0.75 mg basa/kgBB/oral dosis tunggal pada hari 1). Lini kedua digunakan tablet kina (30mg/kgBB/hari, dibagi 3 dosis) + tetrasiklin (50 mg/kgBB, 4 dosis)/doksisiklin (2 mg/kgBB/hari, 2 dosis) + primakuin (dosis tunggal)
Plasmodium falciparum yang resisten terhadap klorokuin
  • Kuinin sulfat oral 10 mg/kg bb/dosis, 3 kali sehari, selama 7 hari. Dosis untuk bayi adalah 10 mg/umur dalam bulan dibagi 3 bagian selama 7 hari.
  • Ditambah Tetrasiklin oral 5 mg/kg bb/kali, 4 kali sehari selama 7 hari (maksimum 4 x 250 mg/hari)
Regimen alternatif
  • Kuinin sulfat oral
  • Kuinin dihidroklorid intravena ditambah Pirimetamin sulfadoksin (fansidar) oral
Pencegahan relaps
  • Primakuin fosfat oral: Malaria falciparum : 0,5-0,75 mg basa/kg bb, dosis tunggal, pada hari pertama pengobatan. Malaria vivax, malariae, dan ovale : 0,25 mg/kg bb, dosis tunggal selama 5-14 hari.
Bedah
Suportif
  • Pemberian cairan, nutrisi, transfusi darah
  • Penuhi kebutuhan volume cairan intravaskular dan jaringan dengan pemberian oral atau parenteral.
  • Pelihara keadaan nutrisi.
  • Transfusi darah pack red cell 10 ml/kg bb atau whole blood 20 ml/kg bb apabila anemia dengan Hb 39° C, kecuali pada riwayat kejang demam dapat diberikan lebih awal.
Monitoring
TerapiEfektifitas pengobatan anti-malaria dinilai berdasarkan respon klinis dan pemeriksaan parasitologis. Kegagalan pengobatan dini, bila penyakit berkembang menjadi :
  • Malaria berat hari ke-1, 2, 3 dan dijumpai parasitemia, atau
  • Parasitemia hari ke-3 dengan suhu aksila > 37,5° C
Kegagalan pengobatan lanjut, bila perkembangan penyakit pada hari ke 4-28 : 
  • Secara klinis dan parasitologis: Adanya malaria berat setelah hari ke-3 dan parasitemia, atau Parasitemia dan suhu aksila > 37,5° C pada hari ke 4-28 tanpa ada kriteria kegagalan pengobatan dini
  • Secara parasitologis : Adanya parasitemia pada hari ke-7, 14, 21, dan 28, Suhu aksila 6 bulan) dan Vaksin malaria, masih dalam uji coba.
Daftar Pustaka
  • Warren KS dan Mahmoud AAF (1990). Tropical and Geographical ed ke 2, New York, Mc Graw-Hill Information Services Co.
  • World Health Organization. WHO Fact Sheet on Malaria. Fact Sheet No 94. World Health Organization. Available at http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs094/en/print.html. Accessed June 29, 2007
  • Scott JA, Berkley JA, Mwangi I, et al. Relation between falciparum malaria and bacteraemia in Kenyan children: a population-based, case-control study and a longitudinal study. Lancet. Oct 8 2011;378(9799):1316-23.
  • Griffith KS, Lewis LS, Mali S, Parise ME. Treatment of malaria in the United States: a systematic review. JAMA. May 23 2007;297(20):2264-77.
  • Sinclair D, Donegan S, Lalloo DG. Artesunate versus quinine for treating severe malaria. Cochrane Database Syst Rev. Mar 16 2011;3:CD005967.
  • Henrickse RG, Barr DGD, Mathew’s TS (1991). Paediatrics in the tropics London, Blackwell scientific publication.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | drh.Kunta | Estine
Copyright © 2011. JUAL KELAMBU| KELAMBU NYAMUK | KELAMBU GANTUNG | KELAMBU LIPAT | MODERN | MURAH | BED CANOPY| BAYI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by drh.Kunta
Proudly powered by Blogger